.

.

Cara Melancarkan Buang Air Besar

Sembelit atau susah buang air besar merupakan salah satu masalah pencernaan yang membuat perut terasa penuh dan bisa menimbulkan masalah saluran pencernaan lainnya. Susah buang air besar sering dialami oleh banyak orang. Biasanya orang lebih suka menggunakan obat-obatan kimia untuk melancarkan buang air besar. Dengan alasan lebih praktis dan mudah diperoleh. Namun penggunaan obat kimia tentu saja memiliki efek samping bagi tubuh kita tanpa kita sadari. Sebaiknya kita juga lebih bijak dalam mengatasi keluhan pada tubuh kita. Dengan meminimalkan penggunaan obat kimia, bahan alami bisa sebagai solusi yang baik.

Umumnya susah buang masih wajar dan bukan keadaan serius. Tapi, penderita harus bisa membedakan dari perubahan kebiasaan buang air besar yang mencolok dan terus menerus, yang mungkin merupakan salah satu tanda penyakit yang serius seperti kanker colon (usus besar). 

Adapun gejala dari susah buang air besar tersebut adalah :
  1. Terhambatnya buang air besar di luar kebiasaan yang normal
  2. Kesulitan buang air besar, yang ditandai dengan harus mengejan.
  3. Bentuk feses kecil, kering dan keras.
  4. Perut kembung dan berasa tidak enak.
  5. Banyak gas terkumpul di usus dan sering kentut.
  6. Diare yang sangat cair (karena hanya cairan yang bisa melewati hambatan kotoran yang keras).
  7. Penyebab susah buang air besar secara umum adalah :
  8. Kurang cairan atau serat-seratan dalam diet
  9. Kurang aktivitas fisik dan latihan olahraga, sehingga menyebabkan kontraksi usus melemah yang seharusnya bisa mendorong kotoran sepanjang usus.
  10. Tidak mempunyai pola buang air besar, biasanya sering mengacuhkan dorongan untuk buang air besar karena tidak mau mengganggu aktivitas kerja atau sosial.
  11. Kehamilan menyebabkan tekanan pada usus
  12. wasir yang membesar sehingga menghambat jalan keluar.
  13. Obat-obatan tertentu seperti anti-nyeri yang mengandung opiat dan tablet besi.
  14. Jika Anda adalah termasuk salah satu orang yang sering sulit buang air besar, silahkan coba ikuti tiga cara mudah untuk melancarkan buang air besar berikut ini.


1. Konsumsi magnesium
    Magnesium merupakan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan fungsi saraf, menjaga daya tahan, dan juga bisa membantu melancarkan buang air besar. Hal itu karena magnesium membantu proses asimilasi dan sintesis protein dari makanan. Untuk mendapatkan magnesium Anda bisa mengonsumsi sayuran, produk gandum, dan kacang-kacangan. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen magnesium dengan dosis 350 miligram setiap hari. Semoga setelah mempraktekkan tiga cara mengatasi susah buang air besar diatas, sembelit dan susah buang air besar anda bisa segera normal kembali.

2. Makan perlahan
    Jika Anda termasuk orang suka makan dengan cepat dan terburu-buru sebaiknya segera ubah kebiasaan Anda. Makan dengan cepat membuat potongan-potongan makanan yang tertelan masih dalam ukuran besar. Dengan potongan besar, proses penghancuran makanan dalam perut pun lebih sulit dan lama. Cara ini membuat Anda sulit buang air besar secara teratur. Jika buang air besar, biasanya akan terasa keras. Untuk itu, selalu kunyah makanan secara perlahan agar mudah diproses tubuh.

3. Pijat perut
    Memijat secara perlahan perut Anda setiap hari juga bisa membantu melancarkan buang air besar. Anda bisa menggunakan minyak zaitun untuk memijat perut. Lakukan pemijatan selama 15 menit setiap hari, selain melancarkan buang air besar, cara ini bisa membuat perut lebih nyaman.

4. Buah pepaya
    Buah pepaya memiliki khasiat untuk melancarkan buang air besar, sehingga bagus untuk penderita susah buang air besar.

http://carasehatalami2.blogspot.com/2014/10/cara-memperlancar-buang-air-besar.html
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Sehat Alami / Tips Kecantikan / Tips Kesehatan / Tips Sehat Alami dengan judul Cara Melancarkan Buang Air Besar. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://sehatbersemi.blogspot.com/2015/04/cara-melancarkan-buang-air-besar.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: ngesave file - Kamis, 16 April 2015

Belum ada komentar untuk "Cara Melancarkan Buang Air Besar"

Posting Komentar